vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Pekon Waluyojati Gelar Upacara HUT RI ke-79 Nusantara Baru, Indonesia Maju

PRINGSEWU - Pekon Waluyojati, Kecamatan Pringsewu menggelar upacara bendera memperingati hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara berlangsung khidmat di halaman kantor pekon setempat pada Sabtu (17/08/2024).

Upacara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk BHP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK, Kadus, RT, LPM, Karang Taruna, Gapoktan, PPS, Kader Desa, tokoh agama dan masyarakat umum.

Kepala Pekon Waluyojati, Gunawan, menekankan bahwa peringatan ini bukan sekadar seremonial, melainkan momen refleksi untuk mengenang jasa pahlawan dan merenungkan peran serta tanggung jawab dalam memajukan bangsa.

"Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini, dengan tema 'Nusantara Baru, Indonesia Maju', kita menyaksikan sebuah babak baru dalam sejarah bangsa kita. Tahun ini tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga memulai perjalanan menuju Ibu Kota Nusantara dan pergantian kepemimpinan," ujar Gunawan.

Ia menjelaskan bahwa Nusantara Baru merupakan simbol kebangkitan dan kemajuan, dengan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat transformasi negara. Sementara itu, 'Indonesia Maju' menjadi tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Gunawan juga mengajak warga untuk terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dan menjadikan keberagaman sebagai kekuatan pemersatu. Ia menekankan pentingnya pendidikan dalam mengukur kemajuan sejati bangsa, tidak hanya dari segi pembangunan fisik.

"Sebagai warga desa, kita memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga persatuan dan kebersamaan. Mari kita bersama-sama mengajak seluruh warga Pekon Waluyojati untuk bersatu, bekerja sama dalam pembangunan, meningkatkan pendidikan, memperhatikan kesehatan, dan memperkuat infrastruktur," ajak Gunawan.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kearifan lokal dan melestarikan budaya yang telah mengakar dalam kehidupan di pekon. "Marilah kita semua bersatu dan berjuang bersama dalam semangat perjuangan dan kemerdekaan untuk mewujudkan Pekon Waluyojati yang lebih maju dan sejahtera," pungkasnya.(*)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment