vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Festival Adat Budaya Melestarikan Warisan Lampung di Kedondong

Pesawaran - Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung menggelar festival adat budaya pada Kamis (15/08/2024) di lapangan Tritura. Acara ini bertujuan melestarikan adat budaya Lampung dan mewariskannya kepada generasi mendatang di Bumi Andan Jejama.

Festival ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk Kepala Dinas Pariwisata Anggun Saputra, perwakilan dari Kesbangpol, Inspektorat, Dinas PMD, Uspika, serta pimpinan lembaga pendidikan dari tingkat PAUD hingga SLTA se-Kecamatan Kedondong. Seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kedondong, Kepala OPD Pariwisata, Ketua MPAL Pesawaran, dan Tokoh Adat se-Kecamatan Kedondong juga turut hadir dalam acara tersebut.

Anggun Saputra, SE., MM., selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, menyatakan harapannya agar festival ini dapat memperkenalkan dan melestarikan budaya serta adat istiadat Kedondong. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa acara ini berpotensi menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat jika berkolaborasi dengan sektor-sektor terkait. 

"Melalui festival ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan kreatif dan positif," ujar Anggun.

Sementara itu, Camat Kedondong, Irwan Rosa, menekankan pentingnya menjaga warisan adat Lampung. "Kecamatan Kedondong memiliki 18 penyimbang adat sebagai kekuatan untuk bisa melestarikan adat," katanya. Irwan juga menambahkan bahwa adat merupakan pusaka Kabupaten Pesawaran yang harus dirawat dan dijaga kelestariannya.

Lebih lanjut, Irwan menyoroti peran penting berbagai instansi, mulai dari tingkat kecamatan, sekolah, hingga desa dalam upaya pelestarian ini. Ia berharap dengan menjaga warisan budaya, Kecamatan Kedondong akan menjadi lebih maju, sejahtera, dan generasi penerusnya akan selalu menjunjung akhlak yang baik.

Festival adat budaya ini menjadi bukti komitmen masyarakat dan pemerintah setempat dalam menjaga kekayaan budaya Lampung, sekaligus membuka peluang bagi pengembangan sektor pariwisata di Kecamatan Kedondong.(Pahmi)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment