vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

DediI Fernando : Pemahaman Aturan Sebagai Mitigasi Pengawasan

Pringsewu - Pentingnya pemahaman aturan yang utuh menjadi bagian penting dalam kesuksesan pengawasan tahapan pemilihan 26/06/2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Dedi fernando.S.H.I.,M.H.Pada saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi produk hukum yang diselenggarakan oleh bawaslu pringsewu di hotel regency setempat.

Bang nando sapaan akrabnya menyampaikan pentingnya pengawas pemilu mempunyai pemahaman yang utuh tentang aturan yang dibilang sangat dinamis dimana setiap tahapan yang dilaksanakan didalam pemilu atau pemilihan itu mempunya aturan yang terus mengalami perubahan.

"Yang perlu kita sadari betul adalah baik ditahapan pemilu ataupun pilkada setiap tahapan yang dilaksanakan itu senantiasa akan ada peraturan peraturan terbaru hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi kita pengawas"

Demisioner ketua bawaslu tersebut juga menambahkan output dari pemahaman aturan itu sendiri adalah bagaimana pengawas bawaslu sampai dengan jajaran kebawah ini mampu membangun hubungan dengan semua lapisan masyarakat guna menumbuhkan rasa kesadaran bersama dalam rangka pengawasan.

Karena pencegahan ini menjadi poin yang sangat fundamental didalam kerja pengawasan membangun kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar peraturan,dalam pemilihan atau dengan minimnya masyarakat atau peserta pemilihan melakukan peraktik melanggar itu yang harus lebih digiatkan.

"Bahwa yang harus kita ketahui bersama indikator keberhasilan pengawasan ini bukan hanya diukur oleh seberapa banyak pelangharan yang ditangani akan tetapi pengawas yang berhasil adalah dilihat juga darintingkat kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan peraktik yang melanggaran aturan pada pemilu ataupun pemilihan"

Kerja kerja tersebut tidak bisa dilaksanakan tanpa adanya komitmen serta integritas yang tinggi dari diri kita sendiri sebagai bagian dari pada pengawas pemilihan.Mengingat tahapan pemilihan yang sudah berlangsung ini lebih padat dari pada tahapan pemilu yang lalu yang mana hari ini sudah sampai pada pencoklitan.

Ini menjadi tahapan yang sangat penting karena coklit menjadi salah satu indakor penting dalam terselenggaranya pemilihan 

"Oleh karna itu pada tahapan coklit ini kita pengawas harus betul betul apa yang menjadi isu isu klasik harus dipastikan tidak terjadi seperti adanya DPT ganda dan lain lain",u apnya.(Darwin)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment